Minggu, 24 Oktober 2010

JAWABAN DARI PERTANYAAN

JAWABAN DARI PERTANYAAN
4. BESI
1.
1. Bahan yang digunakan pada penggolahan besi,selain biji besi adalah kokas (C) dan kapur (CaCO3).kokas berfungsi sebagai reduktor,sedangkan batu kapur berfungsi sebagai fluks,yaitu bahan yang akan bereaksi dengan pengotor dakam biji besi dan memisahkan pengotor itu dalam bentuk cauran kental.
2. Biji besi,kokas dan batu kapur diumpakan dari puncuk tanur,sementara dari bagian bawah di tiupkan udara panas .kokas terbakar pada bagian bawah tanue dengan membebaskan kalor.sehingga suhu didaerah itu mencapai 2000 celcius.

2.
1. Untuk membuat besi.baja adalah istilah yang digunakan untuk semua logam sampuran (aliase) dari besi.Jenus baja sangat beragam sehingga penggunaannya sangat luas,mulai dari mainan anak-anak,perkakas dapur,industri kandaraan,konstruksi bangunan,jembatan,rel kereta api,dan sebagainya.
2. Ada 3 alasan
1 Biji besi relative melimpah dan tersebar duberbagau penjuru dunia
2 pengolahan besi relative murak dan mudah
3 Sifat-sifat besi mudah dimodufikasi

3.
1 1.menurunkan kadar karbon dari 3-4 % mejadi 0-1,5%
2. Menghilangkan pengkotor seperti ;Si,Mn dan P
3. Menambahkan logam campur seperti; Ni dan Cr,sesuai dengan jenis baja yang dibuat
2 Teknologi yang cepat dan mudah pembuatan baja ditemukan oleh Henry Bassemer dari inggris pada tahun 1856.Setelah itu ,terjadi perkembangan pesat.pada tahun 1860,dikembangkan tungku terbuka (Open heart Furname) oleh William Siemens juga dari inggris
3 Tungku oksigen adalah silinder baja raksasa dengan pelapis yang bersifat basa pada bagian dalamnya.Tungku ini berkapasitas sekitar 200 ton besi cair,80 ton besi bekas,dan 18 ton kapur (CaO) sebagai fluks.


. 5. . Tembaga
1. 4CuFeS2 + 9O2  2Cu2S + 2Fe2O3 + 6SO2
2CU2S +3O2  2Cu2O + 2SO2
i. Cu2S + Cu2O  2Cu + SO2
2. Karena terbentuknya lapisan tupus CuO atau CuS.Lama-kelamaan menjadi berwarna hijau karena terbentuknya tembaga karbonat basa,Ci2(OH)2CO3
3. Tembaga digunakan untuk membuat panduan logam seperti perunggu (Cu + Sn) dan kuningan (Cu + Zn).

6. . TIMAH,KROMIUM,dan EMAS
1. membuat logam campuran misalnya perunggu dan solder
2. karena refraktori mempunyai titik leleh yang tinggi yaitu 1.857 derajat celcius dan koefisien muai yang tidak terlalu besar.
3. dalam pembuatan berbagai macam pernik kendaraan bermotor karena sangat mengkilap

0 komentar: